-->

Cara Mengatasi Pegal Pegal Seluruh Badan

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati, demikian pula dalam sakit nyeri pegal-pegal pada badan, perlu tau apa saja penyebabnya dan langkah langkah pencegahannya. Isitlah lain untuk nyeri otot atau badan terasa pegal pegal adalah Myalgia.

Berikut ini tips mengatasi dan mencegal nyeri otot dan pegal pegal


Cara Mencegah Mengatasi Nyeri Pegal-Pegal Badan

Pegal-Pegal Badan1. Kurang bergerak dan berolahraga:
Aktivitas serta olahraga melatih otot kita sehingga menjadi kuat. Jika kita kurang beraktivitas/berolahraga maka otomatis otot menjadi lemah. Akibatnya kita relatif mudah terserang pegal-pegal.

2. Sikap tubuh sehari-hari yang salah:
Contohnya duduk membungkuk, membawa beban berat dengan sebelah bahu saja, melakukan gerakan berulang-ulang sepanjang hari (seperti mengetik komputer sepanjang hari).

3. Aktivitas yang terlalu berat:
Otot perlu dipersiapkan sebelum berolahraga atau beraktivitas dengan melakukan gerakan pemanasan. Jika tidak, otot mendapat beban yang berlebihan sehingga bisa muncul nyeri pegal. Demikian juga halnya jika kita melakukan aktivitas yang terlalu berat atau tidak biasa dilakukan. Ujung-ujungnya, kita lebih mudah mengalami cedera seperti salah urat / terkilir. 

Apa saja bahaya di balik badan pegal dan nyeri otot?

Nyeri dan pegal-pegal sering kali merupakan pertanda bahwa kita berolahraga/beraktivitas terlalu berat atau salah cara nya. Jika dilanjutkan, kemungkinan cedera pun lebih besar. Keseleo, memar atau terkilir sebaiknya tidak dibiarkan karena bisa saja ada cedera tulang dan saraf dibawahnya. Cidera sewaktu berolahraga/beraktivitas yang dibiarkan dapat berlanjut rematik dikemudian hari penyakit atau dikenal sebagai Repetitve Motion Injuries (RMI).

Cara mencegah badan pegal dan nyeri:
  • Hidup sehat dengan  rajin berolahraga, istirahat cukup dan makan makanan bergizi.
  • Melakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga
  • Memulai porsi latihan yang ringan, kemudian ditingkatkan bertahap sesuai dengan kemampuan tubuh. Jangan memaksakan diri, jika Anda sudah merasa lelah, berisitirahatlah sejenak.
  • Memperbaiki sikap tubuh yang salah, misalnya duduk/berdiri tegak, tidak membungkuk atau miring ke satu sisi. Bagi Anda yang menggunakan komputer atur posisi komputer sedemikian sehingga tidak membuat badan pegal. ketika mengetik di keyboard, usahakan agar pergelangan tangan dalam posisi lurus.
  • Posisi mengemudi yang nyaman. Letakkan gulungan handuk diantara punggung dan sandaran kursi, dan atur kursi agar lutut lebih tinggi dari panggul, Istirahatkan kaki sesering mungkin dari menginjak pedal gas/kopling
  • Gerakkan tubuh Anda. Bahkan di tengah kesibukan pun Anda dapat melakukan olahraga ringan misalnya meregangkan tubuh. Memutar bahu, membungkukkan badan, menggerakkan leher ke kanan dan ke kiri beberapa kali. Melemaskan dan mereganggkan jari-jari tangan, jalan kaki ke kantin, bank dan sebagainya sewaktu istirahat siang. 
Bagaimana Mengatasi rasa pegal dan nyeri dengan tepat?
  • Istirahatkan bagian tubuh yang sakit. Kompres dengan kantong/botol berisi air hangat selama kurang lebih 15 menit satu atau dua kali sehari.
  • Cedera sewaktu berolahraga/beraktivitas(salah urat, terkilir) dapat diatasi dengan kompres dingin dengan kantong berisi es (jangan lebih dari 20 menit) beberapa kali sehari. Pada bagian yang cedera sebaiknya diperban dan di istirahatkan dalam posisi lebih tinggi dari jantung.
  • Gunakan obat-obatan pereda pegal dan nyeri untuk meredakan gejala nyeri dan pegal.
Cukup segitu artikel Cara Mancegah Mengatasi Nyeri Pegal-Pegal Badan , semoga bermanfaat 

 

Popular Posts

Atas