Pengertian dan Asal Usul Jamu Indonesia

“Jamu” yah, itulah sebutan untuk jenis obat tradisional yang berasal dari Indonesia yang saat ini lebih dikenal dengan obat herbal.

Jamu sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia jauh dari tahun tahun sebelumnya, jamu yang dibuat dari racikan bahan bahan alami seperti : daun daunan, buah, akar dan sebagainya memiliki manfaat yang dapat memberikan kesehatan tubuh, bahkan jamu dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Jamu, Minuman Beridentitaskan Indonesia yang Patut Dilestarikan

Mungkin untuk era yang modern ini jamu sudah tidak begitu diperhatikan, dan sudah tentu hal tersebut salah besar karena jamu merupakan obat tradisional yang sangat bermanfaat. Jamu yang identik dengan rasa pahit ini berasal dari Indonesia, maka tak heran jika ada banyak penjual jamu khususnya jamu gendong yang menggunakan pakaian ala ala Jawa. Untuk jenis jamu itu sendiri sangat beragam, mulai dari jamu beras kencur, jamu pegelinu dan sebagainya.

Asal Usul Jamu

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika Jamu merupakan sebutan untuk jenis obat obatan tradisional, dimana bahan bahannya merupakan bahan bahan alami yang diracik secara khusus. Jamu itu sendiri merupakan sebuah istilah yag berasa dari bahasa jawa, tepatnya pada 16 masehi. Kata jamu yang berasal dari dua kata yaitu Djampi dan Oesodo ( ini memiliki makna yaitu sebuah obat, doa, dan juga aji ajian. Jamu digunakan oleh para dukun, tabib, dan sebagainya sebagai obat beberapa jenis penyakit tertentu yang hingga saat ini di jamu semakin di kenal, khususnya masyarakat Indonesia sebagai obat obatan herbal yang bermanfaat.

Cintai Produk Indonesia

Mengingat Jamu merupakan produk Indonesia, maka tentunya anda sebagai warga negara Indonesia harus mencintai produk dalam negeri, terlebih jamu memiliki berbagai manfaat untuk setiap pengkonsumsinya. Jamu memiliki peranan pentng dalam sistem pengobatan masyarakat, karena bentuk pengobatan yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, serta jamu tidak memberikan resiko buruk terhadap kesehatan tubuh.

Beradasarkan winarmo “khasiat jamu telah teruji oleh waktu, zaman dan sejarah, serta bukti empiris langsung pada manusia selama ratusan tahun” (1997). Hal ini membuktikan jika jamu sudah dipercayai masyarakat sejak jaman dahulu, dan tak heran jika turun temurun jamu selalu diperkenalkan dari generasi ke generasi.

Mengingat pentingnya kesehatan, maka seseorang yang ingin mendapatkan kesehatan secara alami dapat melakukan pengkonsumsian secara rutin. Jamu yang merupakan produk Indonesia ini memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh masyarakat, sehingga jamu harus selalu dilestarikan, dengan demikian masyarakat Indonesia dapat memiliki tubuh yang sehat, tanpa beresiko akibat obat obatan yang tidak jelas.

Lestarikan Jamu Indonesia

Jamu yang menjadi minuman yang berkarakteristik Indonesia punya, dapat menjadi identitas yang di miliki bangsa Indonesia,dengan demikian identitas ini harus selalu dijaga.

Dengan jamu Indonesia, maka tubuh akan selalu sehat, dan tentunya dapat menghindarkan anda dari berbagai jenis penyakit yang mengancam. Jadi, produk Indonesia yang satu ini sangat pantas untuk dilestarikan.

Contoh Jamu yang berkhasiat menyembuhakn berbagai penyakit dan mendapatkan rekor MURI Agrina Award, legalitas MUI dan BPOM adalah Jamu Tetes Bio HSA silahkan simak info lebih rinci

 

Popular Posts

Atas