-->

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam, Medis, Psikologi

Semua orang pasti mengalami stress , hanya orang gila yang tidak mengalami stress. Banyaknya tekanan baik lahir ataupun batin membuat hati kita terasa sumpek. Salah satu yang paling sering membuat kita stress adalah masalah pekerjaan, hubungan percintaan dan hutang.

Cara Menghilangkan Stres

Setiap orang menghadapi tekanan yang berbeda dan tantangan dalam hidup. Stres adalah fakta umum kehidupan dan semua orang merasakan stres dalam perjalanan hidupnya. Tapi tingkat stres yang tinggi dapat menjadi sangat berbahaya.

Ini mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Terlalu banyak stres membuat Anda tidak bisa berpikir dengan benar, sehingga efisiensi dan produktivitas menurun dan mengganggu keseimbangan emosional.

Musik (Murottal Asyik) sebagai terapi

Murottal bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.

Sholat Tahajjud

Dengan bermunajad kepada Allah, bercerita tentang apa saja yang menjadi beban, meminta, memelas, dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat, dan meminta agar diberikan kemampuan dalam menghadapi ujian yang menjadi beban pikiran.

Bersyukur

Terima keadaan dan bersyukur terhadap apa yang Anda miliki sekarang, banyak orang seringkali merasa stress dan depresi karena mengharapkan suatu impian yang terlalu tinggi dan jauh dari kenyataan. Ini bukan berarti Anda tidak memiliki ambisi, tapi dalam merencanakan sesuatu bersifatlah lebih realistis.

Tertawa

Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

Mengidentifikasi sumber stres

Pertama-tama, cobalah untuk mencari tahu apa yang paling membuat anda merasa tertekan. Kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama
atau jangan-jangan sumbernya pikiran Anda sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil bisa memicu kondiisi stres

Belajarlah untuk berkata tidak dalam kehidupan

Cara Menghilangkan Stres
Cara Menghilangkan Stres
Sangat sulit rasanya untuk mengatakan 'tidak' dalam kehidupan pribadi atau profesional karena Anda berpikir bahwa dengan menolak, orang lain pasti akan merasa jengkel. Bersikap tegas ,Fokus pada tujuan Anda sendiri dan berani mengatakan tidak kepada mereka justru memberikan Anda ketenangan, ini tentu mencegah Anda terbawa pikiran stres daripada terpaksa berkata Iya sementara anda tak mampu menuanikannya, ujung-ujungya dapat menyebabkan stres.

Menganalisis jadwal waktu Anda

Jika Anda merasa terbebani dengan banyak tanggung jawab, cobalah untuk menganalisa, mengatur dan memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan membuat daftar yang harus dilakukan dan menyoroti tugas-tugas yang paling penting dan harus segera dilakukan.

Kemudian, membagi slot waktu sesuai dengan prioritas tugas. Jika beberapa tugas terlalu besar untuk dilakukan pada satu waktu, bagilah tugas dalam kelompok-kelompok kecil. Jangan membebani diri sendiri dan coba untuk menemukan waktu untuk bersantai sejenak. banyak yang bilang bahwa manajemen waktu adalah kunci keberhasilan dan jika Anda mengatur waktu dengan baik, maka Anda merasa lebih fokus dan energik dan stres akan jauh dari anda.

Jangan menekan pikiran dan emosi

Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tanbah rumit.

Berikan waktu untuk diri sendiri

Cobalah untuk bersantai . Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga  Anda, membaca buku atau menonton film favorit,  bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan  benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

Bergaul dengan orang-orang positif

Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

Pola makan yang sehat dan seimbang

Faktanya ketika orang-orang dilanda stres, mereka mulai lebih sering makan junk food,  meningkatkan asupan teh atau kopi. Semua ini justru menyebabkan kondisi traumatik yang parah. Seseorang harus selalu memiliki menu harian yang sehat dan seimbang lengkap dengan  komponen nutrisi yang cukup. makanan organik dan termasuk sayuran berdaun hijau maupun buah-buahan memiliki anti-oksidan dan vitamin C  membantu menurunkan hormon stres .

Hindari alkohol, merokok, teh, kopi dan minuman ringan. tambah Meningkatkan asupan karbohidrat seperti gandum, beras merah atau gandum utuh karena mereka membantu dalam merangsang pelepasan bahan kimia serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

Konsumsi suplemen & vitamin D

Secara teratur perharinya selalu konsumsi vitamin D dan juga supplemen seperti Omega-3 yang membuat otak menjadi nyaman sehingga dapat menghilangkan stress dan perasaan bad mood.

Tetap aktif dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari

Ketika kita berolahraga, paru-paru mengembang dan mendapatkan banyak oksigen yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh kita dan membantu dalam mengurangi tingkat stres. Olahraga juga membantu untuk membiasakan tidur teratur. Hal ini meningkatkan endorfin bahan kimia otak yang membuat anda merasa tenang dan juga melemaskan otot-otot Anda. Anda dapat melakukan latihan ringan seperti berjalan, berenang atau aerobik untuk mengalahkan stres.

Cukup tidur

Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.

Pernapasan perut

Secara umum, manusia bernapas dari dada bagian atas  yang berarti kita mengambil napas dangkal. Ketika kita stres, maka napas kita menjadi dangkal yang berarti kurangnya oksigen dalam tubuh. Sedangkan pernapasan perut tidak hanya melibatkan paru-paru tetapi juga perut atau diafragma. Ini memberikan lebih banyak oksigen dalam darah dan membantu otak untuk membuat gelombang panjang dan lambat yang menenangkan pikiran Anda dan membantu dalam mengurangi tingkat stres.

Yoga

Yoga cukup mumpuni untuk melawan depresi, stres dan kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah dan konsentrasi dan membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat. Yoga melibatkan semua organ penting dalam tubuh Anda dan melepaskan semua racun . Tetapi jika Anda melakukan gerakan yang salah, ada kemungkinan untuk cedera. Jadi disarankan untuk mengambil beberapa sesi yoga di bawah asuhan seorang guru yoga.

Pijat

Pijat dengan jari juga membantu untuk melepaskan ketegangan dan stres. Ketika titik-titik tertentu  ditekan, ada sensasi sakit ringan.  Ada banyak titik-titik tekanan pada tubuh kita. Teknik memijat diri sendiri berikut boleh dicoba sendiri:
  • Tutup mata Anda tekan dengan ujung jari  titik antara kedua alis mata  
  • Tempatkan satu tangan Anda di bahu lainnya  dan tekan otot-otot di bahu dalam gerakan melingkar selama 5 sampai 10 kali. lalu  ulangi dengan bahu lainnya. 

Mandilah dengan air hangat dicampur rempah-rempah

Terapi mandi juga bermanfaat dalam relaksasi pikiran dan tubuh dan mengurangi tingkat stres. Anda juga dapat meletakkan minyak aroma  atau herbal dalam bak mandi seperti kelopak mawar atau lemon setengah jam sebelum mandi, ramuan ini memiliki efek menenangkan dan membuat Anda santai serta meremajakan tubuh Anda.

Hindari sikap anti-sosial

Jangan mengurung diri dan tenggelam dalam kesendirian atau masalah yang pada akhirnya menyebabkan stress berkepanjangan. Bergaul lah dengan orang lain, pergi ke mall bersama teman, dan berbincang dengan teman sekantor Anda (atau bergosip).

Cinta dan kasih sayang

Luangkan waktu berkualitas dengan orang-orang yang Anda sayangi seperti anggota keluarga, sahabat dan pasangan. Berkomunikasilah dengan mereka setiap harinya meskipun hanya dalam waktu yang singkat karena dapat membuat perasaan menjadi senang & tentram.

 

Popular Posts

Atas