Keindahan wisata di Pulau Jawa

Indonesia yaitu sebuah negara yang ada di garis khatulistiwa, negara yang memiliki sumber daya alam yang terlampau banyak, negara yang punya garis pantai terpanjang di dunia, dan negara yang mempunyai varietas budaya serta bahasa. Selagi kalian masih muda, sayang sekali jika kalian belum tau lebih luas betapa indahnya dan keanekaan negeri kita tercinta ini, segaknya dimulai dari daerah-daerah atau kota-kota terdekat dulu. Nah, kali ini aku bakal memberikan rekomendasikan 10 area wisata terbaik di Pulau Jawa untuk traveler pemula.


1. Kepulauan Seribu, Jakarta


Sekitar 45 km sebelah utara Jakarta terdapat gugusan pulau-pulau yang dibilang Kepulauan Seribu dengan luas 107.789 ha dan terdiri dari sekitar 150an pulau besar, kecil, berpenghuni, dan gak berpenghuni. Ada banyak pulau disini yang dipakai sebagai area wisata, seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Ayer, dan masih banyak lagi. kegiatan snorkling, island hoping, bahkan water sport pun bisa dilakukan di pulau-pulau ini. Untuk mencapai pulau-pulau tersebut kita bisa berangkat via 3 pelabuhan, yaitu Muara Angke, Kali Adem (Muara Angke Baru), dan Marina tinggal disesuaikan dengan anggaran traveler. Sunsetnya keren-keren, gak kalah dengan sunset di Gili Terawangan.


2. Pangandaran


Pantai Pangandaran ini terletak di bagian Selatan Jawa Barat. Lama perjalanan dari Bandung sekitar 6 jam dengan jarak sekitar 200 km. Pantai Pangandaran ini menurut saya pantai yang terlampau turisable banget atau begitu memanjakan turis banget, karena semua fasilitas di Pangandaran ini telah lengkap, hotel ada, restoran ada, cafe ada, pantai di depan, bar ada, internet lancar. Wisata di Pangandaran ini terdapat banyak pantai, taman suaka marga satwa, water sport, dan jangan lupa Green Canyon yang wajib kalian kunjungi, keren! Pangandaran ini hampir mirip dengan Kuta di Bali, namun bedanya di Pangandaran gak seramai Kuta di Bali, kecuali hari liburan, mau berenang aja susah, lebih baik ke Pangandaran di saat bukan musim liburan.


3. Dataran Tinggi Dieng


Dataran Tinggi Dieng adanya ada di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara, sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Wonosobo. Ketinggian Dieng ini ada di ketinggian 2.600 mdpl, cuaca sejuk menjurus dingin, banyak area wisata seperti telaga, kawah, dan sunrise point seperti di Puncak Sikunir (15 menit sampai puncak) dan Puncak Gunung Prau (cuma trekking 2jam sampai puncak). Di Dieng ini kalian harus coba makanan khasnya adalah mie ongklok yang enak banget dimakan saat cuaca dingin dan jangan lupa bawa oleh-oleh khas Dieng merupakan buah Carica.


4. Yogyakarta


Yogyakarta! Kota yang tak sebesar Jakarta ataupun Surabaya tapi memiliki budaya yang khas, potensi alam yang banyak di sekitarnya, warganya yang ramah, dan tentu harganya yang murah! Selain wisata di tengah kota seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Alun-alun Selatan, banyak wisata yang spektakuler di sekitar Yogyakarta seperti Gunung Kidul yang punya banyak Gua dan deretan pantai cantik, Pantai Parangtritis yang terkenal dengan mistisnya, Kulon Progo yang terdapat waduk yang terkenal buat poto , dan daerah Magelang dan Kali Urang yang ada banyak Candi, termasuk Candi Borobudur dan ada juga wisata Gunung Merapi.


5. Karimun Jawa


Karimun Jawa, kepulauan yang sudah menjadi Taman Nasional, 2 jam perjalanan memakai kapal cepat dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Karimun Jawa ini ada gugusan pulau-pulau cantik, ada yang berpenghuni dan tak berpenghuni. mayoritas orang berpenghuni di Pulau Karimun Jawa, pulau ini pun digunakan wisatawan untuk menginap selama meng-jelajah kepulauan Karimun Jawa. Untuk meng-explore semua pulau sekalianr, kita butuh menyewa kapal yang lebih murah kalo kalian share dengan orang lain. Biasanya ada paket explore 2 hari mengelilingi sisi barat dan timur Pulau Karimun Jawa seperti Tanjung Gelam, Cemara Besar, Cemara Kecil, Pulau Menjangan dan Pulau Gosong. akomodasi disini ada yang berbentuk homestay, hotel, bahkan hotel bintang 5 pun ada namun jarang.


6. Batu, Malang


Kabupaten yang terletak 1 jam perjalanan dari Malang ini adalah lokasi wisata yang bisa dibilang baru karena wisata-wisata di Batu ini baru nge-hits setelah munculnya Jatim Park dan Batu Night Spectacular. Cuaca disini begitu cocok untuk berjalan-jalan karena cuacanya yang sejuk dan udara yang segar. Banyak akomodasi-akomodasi berbentuk homestay di sekitar area wisata dan lainnya jadi jangan khawatir tak dapat objek untuk stay disana. Untuk menuju Batu bisa via Kediri kemudian menggunakan bus atau melalui Malang lalu bisa naik taksi ataupun angkot. Ittenarary paling pas di Batu yaitu siangnya meng-jelajah Jatim Park dan malamnya mengunjungi Batu Night Spectacular sebab banyak lampion-lampion disini, sungguh romantic!


7. Surabaya


Kota Surabaya ini secara keseluruhan hampir mirip dengan Kota Jakarta. Banyak gedung-gedung tinggi dan mall-mall khas kota metropolitan. tapi banyak juga tempat-tempat wisata surabaya yang dapat dikunjungi disini seperti Jembatan Suramadu, Monumen Kapal Selam, Taman Bungkul, dan masih banyak lagi. Untuk menuju Surabaya banyak transportasi yang bisa digunakan, kereta, bis, dan pesawat juga bisa. Untuk akomodasi banyak sekali hotel dan homestay bahkan hostel di sekitaran daerah Gubeng, karena lokasi yang strategis di tengah kota dan dekat dengan sejumlah wisata di sekitar sana. Untuk meng-explore Surabaya kita bisa menyewa sepeda motor karena bisa lebih fleksibel dan terhindar dari kemacetan.


8. Bandung


Bandung dianugrahi alam yang menakjubkan, banyak lokasi wisata di sekitar Bandung yang dapat memanjakan mata kita untuk bisa me-refresh otak. Di selatan ada wisata Pangalengan dan Ciwidey semisal Kawah Putih dan Situ Patengan, di utara ada wisata Lembang ada Tangkuban Perahu, Ciater, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun untuk wisata lombok bisa mengunjungi situs www.lombokreisen.com

 

Popular Posts

Atas