PENYEBAB PENYAKIT DIABETES MELITUS

Beberapa Penyebab Serta Gejala Diabetes Melitus


PENYEBAB PENYAKIT DIABETES MELITUSSeperti yang telah anda baca pada pembahasan sebelumnya, dimana Diabetes melitus atau yang juga biasa disebut dengan kencing manis ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya.

Jumlah penderitanya terus menerus meningkat di tiap tahunnya. Bahkan mungkin disekitar anda sendiri banyak teman atau bahkan keluarga anda sendiri terserang penyakit ini.

Penyakit ini memang setiap saat bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Bahkan penyakit yang umumnya menyerang mereka yang umurnya berkisar diatas 35 tahun ini, belakangan ini banyak pula mereka yang masih muda telah menderita penyakit diabetes melitus ini.

Oleh sebab itulah, anda benar benar harus waspada dan memperhatikan kesehatan anda dengan menjaga gaya hidup dan pola makan anda tetap sehat dan terjaga.

Disini saya hanya akan uraikan babarapa penyebab serta gejala yang biasanya tampak pada penderita diabetes melitus. Untuk penyebab penyakit ini sendiri sebenarnya ada banyak faktor yang perlu kita ketahui dan sebaiknya anda menghindarinya, beberapa faktor tersebut antara lain adalah;

1.Teh manis

Ada baiknya anda mengurangi kebiasaan mengkonsumsi teh manis, karena hal ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah anda meningkat. Atau anda bisa saja menyiasatinya dengan minum teh manis tersebut hanya pada saat anda akan melakukan aktifitas saja. Cara tersebut terbukti cukup aman karena memang saat beraktifitas padat anda membutuhkan asopan kalori yang lebih. Jadi aman aman saja anda mengkonsumsi teh manis pada saat tersebut.

2.Kurang olah raga

Jika anda malas melakukan olahraga, maka akan banyak terdapat timbunan kalori pada tubuh anda. Hal ini sangat memungkinkan anda mudah terserang penyakit diabetes. Dengan rajin berolah raga, seperti jalan kaki, bersepeda atau apapun jenis olahraga yang anda gemari, maka lemak dalam tubuh anda akan terbakar. Hal ini merupakan cara yang ampuh untuk menghancurkan sisa sisa kalori yang tidak terpakai ataupun tertimbun didalam tubuh.

3.Minuman bersoda

Ada baiknya anda juga menghindari konsumsi minuman bersoda. Karena pada umumnya minuman ini mengandung pemanis buatan yang tentunya dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

4.Gorengan

Hati hatilah anda dengan jajanan gorengan. Karena gorengan merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena pada gorengan terdapat kandungan kolesterol tinggi apalagi jajanan ini di beli di pinggir jalan yang minyak buat goreng nya saja hitam pekat tandanya sudah berkali-kali di pakai tanpa di ganti.  Selain bisa menyebabkan penyakit kangker ternyata hal itu juga dapat menyebabkan penyakit diabetes. Jadi sebaiknya kurangilah mengkonsumsi gorengan.

5.Rokok

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa ada banyak sekali bahanya yang terkandung di dalam rokok. Jeleknya lagi, bahaya yang ditimbulkan oleh rokok tersebut tidak hanya menyerang mereka penikmat rokok, akan tetapi mereka yang berada didekat perokok dan ikut menghirup udara bersamaan dengan asap rokok tersebut, atau yang di istilahkan juga sebagai perokok pasif. Orang yang sering merokok juga  rentan terkena penyakit diabetes.

6.Makan terlalu banyak karbohidrat dari nasi atau roti.

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi dan juga roti haruslah anda waspadai. Hal ini disebabkan karena pada umumnya masyarakat kita mengkonsumsi jauh lebih banyak karbohidrat jika dibandingkan dengan kebutuhan tubuh kita akan zat yang satu ini. Usahakan juga sehabis makan jangan langsung tidur. Karena karbohidrat yang  menumpuk akan memicu datangnya penyakit diabetes.
  
 Gejala Yang Biasanya Terjadi Pada Penderita Diabetes melitus

Pada tahap awal, biasanya sama sekali tak ada gejala yang dirasakan, kalaupun ada, gejalanya sangat ringan, sehingga penderita takkan sadar tengah mengidap penyakit diabetes atau kencing manis. Berikut ini adalah gejala diabetes melitus yang bisa anda kenali :
  •     Sering kencing terutama pada malam hari, rasa lapar yang berlebih.
  •     Berat badan menurun meski banyak makan.
  •     Cepat lelah dan lesu.
  •     Luka sukar sembuh.
  •     Infeksi kulit dan gatal-gatal.
  •     Kesemutan dan mati rasa disekitar kaki.

 

Popular Posts

Atas