Makanan Terbaik Untuk Wanita Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu oleh pasangan suami istri. Ketika sedang mengalami masa kehamilan, ibu tentu akan sangat menjaga kesehatan dan asupan gizi untuk tetap menjaga kesehatan ibu serta janin dalam kandungan.

Meski ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung gizi, namun sebagian besar ibu hamil tidak menyukai apa yang harus di konsumsi.

Hal penting utama yang harus dipraktekkan untuk hidup sehat adalah berawal dari satu niat dan pikiran positif bahwa tubuh ibu memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang lebih banyak sebab makanan yang dikonsumsi akan dibagi dua dengan janin dalam kandungan. Tentu ibu tidak ingin janin dalam kandungan kekurangan gizi dan nutrisi, oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi Makanan Sehat Terbaik Bagi Ibu Hamil. 

Ibu hamil harus menjaga apa saja yang dikonsumsinya selama masa kehamilan. Sebab tidak semua makanan baik untuk ibu hamil, ada juga beberapa makanan yang patut untuk dihindari selama masa kehamilan. Untuk membantu ibu hamil memiliki asupan nutrisi dan gizi yang baik selama masa kehamilan. Disini kami akan memberikan informasi Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil, seperti beberapa daftar menu makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil:

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Telur 
Seorang ahli gizi dan penulis mengatakan bahwa dalam sebutir telur terdapat sekitar 90 kalori. Dalam sebutir telur, selain mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral, juga mengandung banyak protein yang berkualitas dan penting untuk kehamilan. Telur juga kaya mengandung kolin yang dapat mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, serta membantu untuk mencegah cacat pada tabung saraf. Selain itu telur juga mengandung lemak omega-3 yang baik untuk otak dan pengembangan pada penglihatan. 

Daging tanpa Lemak 
Daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi, terutama pada daging tanpa lemak. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi hot dog, sebab meski dagingnya dipanaskan dengan uap panas, ada resiko kecil pada makanan tersebut menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes atau salmonella pada bayi. 

Ikan Salmon 
Salmon selain mengandung banyak protein berkualitas tinggi, juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon sangat bagus untuk ibu hamil, sebab mengandung jumlah merkury yang lebih rendah dibanding dengan ikan lainnya. Namun ibu hamil tetap harus menghitung sekitar 12 ons per minggu jika ingin mengkonsumsi ikan salmon. 

Kacang-kacangan 
Ada banyak kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya adalah buncis yang mengandung banyak serat dan protein terbaik dibanding jenis sayuran lainnya. Selain itu ada juga kacang merah, kacang hitam, kacang pinto, kacang hijau, kacang polong, kacang panjang dan masih banyak jenis kacang-kacangan lainnya. Kandungan protein dan serat yang terkandung pada kacang-kacangan dapat membantu proses pencernaan pada ibu hamil. 

Ubi Jalar 
Ubi jalar mengandung warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi sumber vitamin A dalam tubuh. Zat karotenoid ini tidak akan membahayakan tubuh, sebab zat ini akan menjadi sumber vitamin A jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya dari buah-buahan dan sayuran. 

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua 
Sayuran yang berwarna hijau tua sangat bagus untuk ibu hamil, misalnya seperti bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya yang banyak mengandung vitamin A, C, K, nutrisi dan folat yang sangat penting untuk masa kehamilan. 

Popcorn 
Popcorn berasal dari gandum, yang keseluruhan butir penting dalam kehamilan karena gandum mengandung serat yang tinggi dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium dan fitonutrien. Selain popcorn, yang baik untuk ibu hamil adalah seperti oatmeal. 

Makanan Olahan 
Makanan olahan yang terbuat dari susu seperti yoghurt baik dikonsumsi oleh ibu hamil, misalnya saja yoghurt yunani yang banyak mengandung protein dua kali protein dari yoghurt biasa. 

Makanan Terbaik Untuk Wanita Hamil

Dengan mengetahui beberapa Makanan Terbaik Untuk Wanita Hamil seperti diatas, ibu hamil akan lebih memilih makanan yang patut untuk dikonsumsi agar tetap menjaga kesehatan ibu serta janin dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil di sekitar anda, tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi beberapa makanan favorit seperti yang sudah dijelaskan seperti diatas. Semoga informasi mengenai Makanan Terbaik untuk Wanita Hamil diatas dapat bermanfaat bagi anda dan kesehatan pada janin anda.

 

Popular Posts

Atas