Ciri-ciri Wanita Hamil Muda

Kehamilan merupakan peristiwa yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri. Memiliki buah hati tentu akan menambah keharmonisan keluarga anda. Hal yang paling ditunggu oleh wanita adalah tanda wanita tersebut sedang mengalami kehamilan, namun sebelum itu tentu yang sangat diperhatikan adalah Ciri-ciri Wanita Hamil Muda.

Mungkin anda menjadi salah satu dari wanita yang mengalami gejala kehamilan, namun belum sempat untuk memeriksakan ke dokter kandungan. Oleh sebab itu anda bisa mengetahuinya dari beberapa Ciri-ciri Orang Hamil Muda. 

Ciri-ciri Wanita Hamil Muda

Sebelum membahas mengenai tanda awal kehamilan, anda juga perlu mengetahui bahwa kehamilan tersebut merupakan proses periode ketika wanita membawa embrio dalam rahimnya. Hal tersebut adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Bagi anda yang belum sempat memeriksakan ke dokter kandungan, ada baiknya mengetahui beberapa tanda awal kehamilan, seperti berikut di bawah ini: 

Ciri Wanita Hamil

Mudah terengah-engah 
Jika biasanya anda jarang terengah-engah ketika menaiki tangga, namun kini anda mudah terengah-engah ada kemungkinan bahwa anda sedang hamil. Janin memang membutuhkan oksigen, maka dari itu anda sering merasa kehabisan nafas. Apalagi jika bayi dalam kandungan mulai menekan paru-paru dan diafragma. 

Payudara membesar 
Pada awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk sebab mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. Tanda lainnya juga dapat terlihat dari daerah areola yang menghitam dan terlihat lebih banyak pembuluh darah di dada. Selain itu payudara juga akan menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun tidak semua wanita hamil mengalami perubahan ini. 

Perubahan bentuk tubuh 
Tidak hanya perut saja yang membesar, namun wanita hamil juga mengalami beberapa perubahan lainnya seperti pada bokong, paha, dada serta lengan yang biasanya ikut mengalami pembengkakan. 

Mual 
Sebagian besar wanita hamil seringkali mengalami mual di pagi hari atau lebih dikenal dengan istilah Morning Sickness. Bahkan hal tersebut terjadi hingga enam pekan, namun tidak selalu terjadi pada pagi, bisa juga sore dan malam hari. 

Sering buang air kecil 
Ketika hamil, janin yang tumbuh dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga akan membuat wanita hamil mengalami seringnya buang air kecil. Hal tersebut terjadi karena kandung kemih lebih cepat dipenuhi urine, sehingga keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. 

Terlambat haid 
Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas tentu saja terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut dapat diartikan sebagai tanda kehamilan, bisa saja karena faktor stres, diet atau gangguan hormonal. Untuk lebih meyakinkan tidak ada salahnya untuk mengecek menggunakan tespack. 

Perubahan mood 
Wanita yang sedang mengalami proses kehamilan seringkali mengalami perubahan mood, misalnya saja sedang merasa bahagia namun beberapa waktu kemudian merasa marah karena hal-hal sepele. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormon secara drastis pada tubuh anda yang sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru. 

Muncul bercak darah atau flek 
Bercak darah atau flek muncul sebelum datangnya menstruasi, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya masa ovulasi. Hal tersebut terjadi karena adanya implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. 

Mengalami kram pada perut 
Selain keluarnya bercak darah, biasanya diikuti dengan kram perut. Kondisi tersebut akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester keduaa, hingga letak uterus berada ditengah dan disangga oleh panggul. 

Pusing atau sakit kepala 
Selain mengalami kelelahan, mual, lapar dan tekanan darah rendah, ibu hamil juga seringkali merasakan pusing atau sakit kepala. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh saat ibu berubah posisi. 

Peningkatan suhu tubuh 
Ketika terjadinya masa kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu juga akan mengalami peningkatan. Kondisi tersebut akan bertahan selama terjadinya masa kehamilan. 

Ciri-ciri Wanita Hamil Muda

Dengan mengetahui beberapa Ciri-ciri Wanita Hamil Muda seperti diatas maka ibu tidak ada lagi keraguan dan kecemasan untuk menunggu sang buah hati melengkapi keluarga kecil anda. Ketika telah mengetahui beberapa tanda awal kehamilan, ibu harus lebih menjaga diri dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi agar janin dalam kandungan pun tumbuh dengan sehat. Semoga informasi Ciri-ciri Wanita Hamil diatas dapat membantu dan menjawab semua keraguan anda yang ingin segera memiliki anak.

 

Popular Posts

Atas