-->

cara menghilangkan komedo

Bagaimana cara menghilangkan komedo atau `black head 'di hidung? Bercak atau bintik kecil seperti ini membuat seseorang merasa malu bila berhadapan dengan teman-temannya. Apalagi kalau hal ini terjadi pada seorang remaja, maka akan membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Black heads atau biasanya dikenal dengan komedo terbuka adalah istilah umum yang biasa digunakan untuk menggambarkan bintik kecil yang timbul pada permukaan kulit muka dengan titik hitam di tengah. Black heads tidak sakit dan mudah diidentifikasi timbul di area hidung atau dahi, pipi dan punggung. Istilah medis untuk black heads adalah `open comedones'. Komedo bersifat gumpalan kecil di dalam liang pori kulit dan mencakup sel kulit mati serta bahan berminyak (sebum) dari kelenjar minyak kulit.

cara menghilangkan komedo

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dalam liang pori tidak dapat disalurkan keluar dari permukaan kulit. Sebaliknya, sel kulit mati ini berkumpul dan bergabung dengan sebum lalu menyebabkan tersumbat di dalam liang pori kulit.

Saat itu, bakteri juga banyak berkumpul di dalamnya. Jika bukaan pori pori tertutup, maka ini dikenal sebagai closed comedones (white heads). Jika bukaan pori pori terbuka, ia disebut open comedones (black heads). Bila komedo tersebut pecah di bawah kulit, bakteri akan menyerang jaringan kulit sekitarnya membentuk benjolan kecil berwarna merah yang disebut papule atau jerawat.

Faktor yang memudahkan seseorang terkena open comedones atau black heads diantaranya adalah karena faktor keturunan yaitu jenis kulit berminyak dan pengelupasan (exfoliation) kulit yang kurang sempurna.

Anda harus sadar bahwa penting untuk mencegah tumbuhnya komedo karena merupakan cikal bakal dari jerawat. Antara perawatan yang disarankan adalah obat yang mengandung bahan untuk pengelupasan sel kulit mati agar terlerai dengan sempurna dan mampu mengurangi kondisi kulit berminyak.

Namun, langkah terbaik adalah ke dokter untuk perawatan secara lebih menyeluruh. Obat yang dapat digunakan antara lain seperti krim olesan yang mengandung bahan Benzil Peroksida atau bahan retinoid.

Krim dan pencuci muka jenis Benzil Peroksida dalam dosis rendah dapat dibeli dari apotik. Tetapi obat yang mengandung bahan retinoid harus mendapat resep dokter. Krim atau gel yang disarankan harus dioles ke seluruh muka, bukan di area yang bermasalah saja untuk mencegah pembentukan komedo di area lainnya.

Efek samping yang mungkin terjadi adalah kulit menjadi kemerahan dan kering. Jika hal ini terjadi, direkomendasikan mengoles krim atau lotion pelembab pada waktu siang atau mengurangi frekuensi penggunaan obat seperti selang sehari dan sebagainya. Efek samping ini biasanya hilang setelah dua minggu ketika kulit mulai dapat beradaptasi dengan obat.

Sejenis peralatan yang disebut comedone extractor bisa juga digunakan. Cara begini harus dilakukan oleh mereka yang cukup mahir saja karena dapat membahayakan jika terjadi cedera pada kulit. Berhati-hatilah dalam memilih salon kecantikan jika ingin membuang black heads melalui metode ini.

Untuk langkah-langkah selengkapnya tentang bagaimana seharusnya yang anda lakukan untuk mengatasi komedo yang muncul di hidung atau area lain di sekitar wajah,

 

Popular Posts

Atas