Tips Menjadi Seorang Freelancer‎


Bagi seorang freelance content writer (penulis konten) terutama bagi mereka para freelance rewriter (penulis ulang)  membuat artikel yang sudah ada (di internet) menjadi “unik” atau seolah-olah menjadi fresh article (artikel baru) yang belum pernah dipublish di blog/website manapun adalah suatu keharusan agar hasil pekerjaan Anda terpakai oleh client atau mereka yang menyewa jasa freelance rewriter Anda.
Untuk itu diperlukan keahlian khusus dalam merewrite artikel yang baik dan benar. Namun tidak perlu “galau” ataupun berkecil hati karena keahlian ini bisa Anda pelajari dengan mudah melalui artikel yang saya tulis ini (Insya Allah).

1. Baca Keseluruhan Artikel 2-3 Kali
Pertama, sebelum merewrite artikel bacalah terlebih dahulu keseluruhan isi artikel yang akan Anda rewrite sebanyak 2-3 kali. Jangan malas! hanya butuh 5-10 menit untuk membacanya karena biasanya artikel yang akan direwrite tidak lebih dari 300-500 kata saja (yang kita bicarakan ini merewrite artikel untuk dipublish ulang di blog atau website ya).
2. Menambah atau Mengurangi Kata
Kedua, perkaya pembendaharaan kata. Dalam hal merewrite jangan ragu untuk menambah atau mengurangi kata yang ada, namun lebih diutamakan menambah kata karena akan menambah jumlah kata dalam artikel tersebut. Namun yang menjadi inti dalam menambah/mengurangi kata adalah jangan sampai terjadi kerancuan dalam kalimat saat artikel tersebut dibaca. Penambahan kata atau pengurangan kata harus tetap menjadikan artikel rewrite tersebut readable (terbaca oleh manusia).
3. Perkaya Sinonim Kata
Ketiga, Anda harus memperkaya Sinonim kata. Apa itu sinonim?
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata. (wikipedia)
Contoh sederhana: [bisa = dapat, becus, cakap, kuasa, larat, mampu, pandai, racun, sanggup], [Untuk = bagi, buat, demi, kepada]
Jika Anda merasa tidak kaya dengan sinonim kata, maka hal mudah yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan website ini  namun jangan terlalu bergantung, usahakan Anda pelajari dan hafalkan sendiri sinonim dari kata bersangkutan agar pembendaharaan sinonim kata Anda menjadi kaya.
4. Rewite dengan Metode Merubah Per Susunan Kata, Kalimat atau Paragraf
Keempat, yang harus Anda tahu dalam merewrite artikel hingga menjadi artikel fresh adalah merubah susunan kata (susunan per 4-5 kata) bisa juga merubah per kalimat atau per paragraf.  Apa perbedaan susunan 4-5 kata, kalimat dan paragraf? Sebagai rewriter ataupun penulis pada umumnya tentu Anda harus tahu perbedaan ketiganya.
  • Susunan 4-5 kata : Kemungkinan belum bisa dikatakan sebagai sebuah kalimat, karena bisa jadi artinya masih belum sempurna atau masih rancu untuk dibaca.
  • Kalimat :  Rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap.
  • Paragraf : Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan. Dalam 1 paragraf terdapat beberapa bentuk kalimat, kalimat-kalimat itu ialah kalimat pengenal, kalimat utama (kalimat topik), kalimat penjelas, dan kalimat penutup. Kalimat-kalimat ini terangkai menjadi satu kesatuan yang dapat membentuk suatu gagasan. Panjang pendeknya suatu paragraf dapat menjadi penentu seberapa banyak ide pokok paragraf yang dapat diungkapkan (wikibooks).
Perhatikan contoh perbedaan artikel asli dengan artikel hasil rewrite dibawah ini :
Contoh rewrite susunan 4-5 kata :
  • Asli: Rambut kusut memang sangat menyebalkan
  • Rewrite: Rambut kusut akan terasa sangat menyebalkan
Contoh rewrite kalimat :
  • Asli: Rambut kusut memang sangat menyebalkan dan bisa merusak penampilanmu.
  • Rewrite: Rambut kusut akan terasa sangat menyebalkan serta dapat merusak penampilanmu.
Contoh rewrite paragraf :
  • Asli: Rambut kusut memang sangat menyebalkan dan bisa merusak penampilanmu. Apalagi jika kita sudah menata rambut pada pagi hari dan mulai terlihat berantakan karena kusut ketika siang hari. Pengen bebas dari masalah ini? Yuk ikuti cara mengatasinya berikut!
  • Rewrite: Rambut kusut akan terasa sangat menyebalkan serta dapat merusak penampilanmu. Terutama apabila kita telah menatanya di pagi hari lalu terlihat kusut dan berantakan pada siang harinyaAnda pasti mau terbebas dari masalah seperti ini bukan? Yuk ikuti petunjuk cara mengatasi rambut kusut berikut!
Dari ketiga contoh cara merewrite artikel di atas silakan pilih cara yang paling mudah menurut Anda, namun jangan fokus pada satu cara, kembangkan pula kedua cara lainnya atau mungkin Anda menemukan cara sendiri, itu lebih baik!
5. Cek Ulang Artikel Hasil Rewrite Menggunakan Tool Online Plagiarism Checker
Kelima, sebelum Anda mengirim artikel hasil rewrite pada client ataupun penyewa jasa freelance rewrite Anda, maka Anda harus mengecek ulang hasil rewrite Anda menggunakan tool online yaitu plagiarism checker agar mereka tidak kecewa dengan hasil kerja Anda. Pastikan tool plagiarism checker ini menunjukkan “Results:   100% Unique Content” dengan tulisan berwarna hijau.
Jika belum 100% Unique Content dengan tanda tulisan berwarna merah, maka yang perlu Anda lakukan merubah susunan kata yang ditunjukkan dengan warna merah tersebut, lalu rewrite ulang pada bagian berwana merah itu saja.
Ikuti petunjuk cara menggunakan Plagiarism Checker pada gambar di bawah ini :
Keterangan:
  1. Copy seluruh artikel hasil rewrite pada point 1
  2. Masukan kode chapta
  3. Klik tombol “Check for Plagiarism”
Keterangan:
Jika hasilnya seperti gambar diatas berarti artikel Anda belum lolos plagiarism checker (ooh no!) dengan kata lain masih belum menjadi fresh article, perhatikan tulisan hitam paling bawah gambar diatas, “A part of your content is matching some text from the Web. Please make sure that this text is correctly referenced.” terjemah bebasnya gini, “Sebagian tulisan sudah ada di web bro, ya gue ga tau website mana, pokoknya dah ada, titik!, coba rewrite lagi yg bener bro!” Gitu kurang lebih, hehe.
Maka tugas Anda adalah merewrite susunan kata yang berwarna merah, perhatikan point 4. Rewite dengan Metode Merubah Per Susunan Kata, Kalimat dan Paragraf diatas pada “rubah susunan 4-5 kata” jika sudah cek lagi dan hingga menjadi seperti gambar dibawah ini:
RESULT: 100% Unique Content! Mantabs broo!
Oke, demikian cara ngerewrite artikel yang baik dan benar dan bagaimana cek bahwa artikel itu fresh atau tidak, sudah ada dipublish di web/blog atau belum.
INGAT kata-kata ini “Practice makes perfect!” ya berlatih dan terus berlatihlah, dengan semakin banyak berlatih, Anda akan semakin menguasai bagaimana merewrite yang baik, benar dan cepat dan bisa jadi Anda mampu mengembangkan metode baru cara ngerewrite artikel tersebut!
Kenapa ribet om, kan ada spinner? Silakan gunakan spinner bagi yang suka, tapi bagi saya tidak ada yang lebih baik selain manual!
Dan untuk Anda yang menjadi freelance rewriter jaringan blog saya, ingat ini, saya HARAMKAN artikel hasil spinner, semua artikel yang Anda kirim akan dicek manual dan jika terindikasi hasil spinner, maka kontrak dibatalkan dan pembayaran dicancel! Kejam ya, hehe.. makanya jangan pake spinner ya.
Masih ada ya

 

Popular Posts

Atas