-->

Pahami Jenis dan Cara Menghilangkan Komedo Ini !

Komedo terdiri dari 2 macam. Ada komedo yang terbuka atau yang disebut dengan blackhead yang memiliki ciri-ciri berpori-pori besar dan terdapat bintik-bintik warna hitam. Warna hitam tersebut disebabkan oleh oksidasi dari udara. Sedangkan yang kedua yaitu komedo tertutup atau yang biasa disebut whitehead. Komedo jenis ini memiliki ciri-ciri dimana terdapat tonjolan warna putih pada kulit. Berbeda jenis komedo maka berbeda pula cara mengatasinya. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam atau blackhead maka kita dapat menghilangkannya dengan cara rutin membersihkan wajah dengan produk-produk pembersih wajah. Lalu gunakan scrub untuk mengangkat komedo dari wajah. Hindari pula penggunaan alat kosmetik yang memiliki bahan terlalu keras. Sedangkan untuk komedo putih cara yang ampuh untuk menghilangkan adalah dengan menggunakan scrub atau pembersih wajah yang mengandung asam salisilat.

Asam salisilat terbukti ampuh mengangkat komed yang ada dalam kulit.cara menghilangkan komedo putih dan komedo hitam sama saja apabila menggunakan bahan alami. menghilangkan komedo putihdan komedo hitam secara alami dan cepat kita dapat menggunakan buah bit. Buah bit dicampur dengan air sampai membentuk pasta. Lalu oleskan pada area komedo dan tunggu kira-kira 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Komedo ternyata juga dapat hinggap pada dua area muka. Ada komedo di wajah dan ada komedo di hidung. meskipun berada pada dua area yang sama, namun cara menghilangkan komedo di hidung dan cara menghilangkan komedo di wajah sama saja. Hanya saja menghilangkan komedo di hidung sedikit lebih susah karena komedo berada pada lekukan hidung sehingga sulit dijangkau.

Berikut ini akan dijelaskan cara menghilangkan komedo pada wajah dan hidung. cara pertama yaitu dengan rutin minum air putih dalam sehari. Dianjurkan 8 gelas dalam sehari. Karena dengan rutin mengkonsumsi air putih maka kita akan menjaga metabolisme tubuh dan membuat wajah tampak bersih berseri.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

cara menghilangkan komedo membandel


Cara menghilangkan komedo pada wajah dan hidung selanjutnya yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya yang memiliki lendir yang biasa untuk melebatkan rambut juga ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi munculnya komedo. Caranya dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada area yang berkomedo. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air.

Cara ketiga kita dapat menggunakan perasan buah lemon atau jeruk nipis. Langkahnya yaitu peras buah lemon atau jeruk nipis lalu oleskan pada hidung atau wajah yang terdapat komedo. Tunggu kira-kira 5 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

Tips selanjutnya yaitu menggunakan putih telur. putih telur yang biasanya digunakan untuk menghaluskan wajah ternyata juga bermanfaat mengangkat komedo dari wajah. Caranya yaitu dengan memisahkan putih telur dengan kuning telur. setelah terpisah maka gunakan putih telur sebagai masker. Oleskan merata pada wajah maupun hidung dan tunggu sampai kering. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Maka komedo pun akan lenyap.

Cara kelima yaitu dengan menggunakan baking soda. Baking soda yang biasanya hanya dibuat sebagai bahan adonan kue ternyata juga mampu menghilangkan komedo. Langkahnya yaitu dengan mencampur kira-kira 2 sendok baking soda dengan air. Setelah tercampur hingga membentuk pasta maka oleskan pada area yang berkomedo. Tunggu kira-kira 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Tips yang tidak kalah ampuh selanjutnya yaitu menggunakan kulit buah jeruk. Caranya dengan membasahi kulit jeruk dengan sedikit air. Lalu tempelkan pada hidung selama tidur. Keesokan harinya setelah bangun tidur lepas kulit jeruk dari hidung lalu bilas menggunakan air hangat.

Setelah mengetahui jenis-jenis dari komedo, letak dan cara menghilangkannya. Selanjutnya kita akan membahas mengenai perawatan atau pencegahan komedo agar tidak muncul lagi pada wajah maupun hidung.

Perawatan Wajah

Perawatan pertama yaitu dengan rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Apalagi yang full dalam sehari menggunakan make up. Jangan lupa untuk dibersihkan ketika akan tidur agar tidak menjadi kotoran yang menumpuk sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo.

Kondisi tangan harus steril ketika memegang wajah agar tidak ada kotoran yang menempel.
Untuk pagi hari setelah bangun tidur sebaiknya kita menggunakan cleansing milk agar kulit tampak bersih dan tidak kering.

Meminum air putih 8 gelas tiap hari dapat juga mencegah datangnya komedo yang membandel.

Makan makanan 4 sehat 5 sempurna juga terbukti menjaga kecantikan. Otomatis komedo pun akan hilang. Namun, kadar lemak yang dikonsumi tetap harus dibatasi karena lemak merupakan kandungan makanan yang sangat mudah menimbulkan komedo maupun jerawat. Karena tumpukan lemak mwnyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah. Minyak yang berlebih menyebabkan timbulnya komedo.

Demikian jenis dan tips menghilangkan komedo di hidung dan wajah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!!!

 

Popular Posts

Atas