Cara Mengatasi Insomnia Akut Secara Alami

Insomnia merupakan gejala dimana seseorang kesulitan untuk tidur, yang diikutin dengan gangguan fungsional ketika terbangun. Insomnia terjadi karena disebabkan adanya suatu penyakit atau masalah secara psikologis. Biasanya hal tersebut seringkali mengganggu penderita, sehingga kesulitan untuk tidur di malam hari. Namun selain itu masih ada beberapa penyebab insomnia lainnya yang seringkali terjadi, seperti berikut: 
  • Pemakaian obat-obatan 
  • Adanya kelainan pada fisik 
  • Adanya kelainan secara emosional 
  • Kondisi kejiwaan 
  • Terbiasa menahan rasa kantuk yang berulang-ulang, sehingga menjadi kebiasaan 
  • Adanya tekanan atau merasa tidak nyaman dengan kondisi lingkungan sekitar 
Setelah mengetahui dirinya menderita insomnia, kebanyakan penderita akan mengonsumsi obat tidur atau zat penenang lainnya untuk dapat beristirahat. Namun hal tersebut justru akan berpotensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa dirinya tidak dapat tidur jika tanpa obat tersebut. Jika masalah ini dibiarkan saja, akan memperparah kesehatan bahkan harus segera ditangani dengan bantuan terapi psikologis. 

Cara Mengatasi Insomnia 

Tips Mengatasi Insomnia


Namun jika masalah ini masih bisa ditoleransi dan segera ditangani dengan baik, ada pula Cara Mengatasi Insomnia tanpa obat yang dapat dipraktekkan dan diterapkan sehari-hari, agar menjadi kebiasaan yang baik bahkan menghentikan insomnia tersebut. Beberapa tips ampuh mengatasi insomnia yang dapat diterapkan adalah seperti berikut: 

Tidak Mengkonsumsi Kafein 
Jangan mengkonsumsi kafein pada sore dan malam hari, sebab kandungan kafein itulah yang dapat menyebabkan anda terjaga di malam hari. Kafein bisa terdapat pada kopi, teh bahkan coklat. Tubuh anda akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk memulihkan dari kandungan kafein tersebut. 

Mandi Dengan Air Hangat 
Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman. Jika anda telah lelah seharian bekerja, mandilah dengan air hangat untuk menurunkan otot-otot yang tegang, sehingga dapat tidur nyenyak di malam hari. 

Tidak Melakukan Aktivitas di Atas Tempat Tidur 
Tempat tidur merupakan tempat untuk beristirahat. Biasakan untuk tidak melakukan aktivitas lainnya diatas tempat tidur, seperti menonton televisi atau melakukan pekerjaan diatas tempat tidur. Jika dibiasakan, otak bawah sadar anda akan mengontrol kebiasaan tersebut dan malah mengganggu waktu istirahat anda. 

Hindari Cahaya 
Cahaya televisi, komputer dan juga layar gadget dapat membuat mata anda tetap terjaga. Biasakan untuk tidak menyalakan televisi atau komputer di malam hari, juga tidak membiasakan mengotak-atik gadget untuk sekedar browsing atau bersosial media, agar anda dapat segera mengantuk. Selain itu tidur dengan keadaan gelap akan lebih membuat anda nyaman saat tertidur. 

Buat Suasana Kamar Senyaman Mungkin 
Memiliki kamar yang nyaman dan bersih dapat membantu agar anda tidur dengan nyenyak. Buatlah suasana kamar senyaman mungkin dengan menyisihkan barang-barang yang tidak diperlukan diatas tempat tidur. 

Membaca Buku 
Membaca buku dapat membantu anda mengantuk. Dengan membaca buku terus menerus akan membuat anda lelah, bosan dan akhirnya mengantuk. 

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia seperti diatas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi kebiasaan yang baik dan terhindar dari insomnia, serta tidak ketergantungan dengan obat penenang. 

Cara Mengatasi Insomnia 

Namun yang perlu anda perhatikan untuk tidur dengan nyenyak dan terhindar dari insomnia adalah dengan membuat tubuh anda senyaman mungkin dan tidak tidur dalam keadaan stress. Sebaiknya selesaikan masalah anda dan jangan dibawa ketika anda akan beristirahat.

 

Popular Posts

Atas