Tips Merawat Kesehatan Anak Bayi

Memiliki buah hati adalah impian bagi setiap pasangan suami istri yang telah menikah. Dengan memiliki buah hati selain akan menambah keceriaan dalam keluarga, juga akan melengkapi keluarga kecil anda. Berbagai usaha dilakukan untuk memiliki buah hati yang sehat, banyak cara menjaga kesehatan bayi yang dilakukan oleh para orang tua.

Namun bagi anda yang baru memiliki bayi, tentu merawat kesehatan anak menjadi hal yang perlu di perhatikan agar tidak melakukan kesalahan, sehingga sang buah hati tidak mengalami sakit seperti yang tidak diharapkan oleh para orang tua. 

Namun untuk anda yang belum terbiasa mengurus bayi, tidak perlu khawatir lagi. Sebab sudah banyak informasi yang mengulas seputar Tips Merawat Kesehatan Anak Bayi yang dapat ibu dan ayah pelajari dan praktekkan untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Merawat bayi bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit mengalami kerepotan, namun hal tersebut juga akan sangat menyenangkan dan membuat sang buah hati lebih dekat dengan ibu dan ayah. Di bawah ini kami akan memberikan informasi cara merawat kesehatan bayi untuk membantu ibu dan ayah menjaga kesehatan sang buah hati, seperti berikut: 

Tips Merawat Kesehatan Anak Bayi

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Menjemur bayi di pagi hari 
Yang harus diperhatikan orang tua jika memiliki bayi yang lahir berwarna kuning, disarankan untuk menjemur bayi di pagi hari untuk mengurangi bilirubin yang menjadi senyawa larut dalam air dan dikeluarkan sebagai urine. Menjemur bayi di pagi hari juga baik untuk kesehatan dan menjaga agar bayi tetap hangat. Cukup menjemur bayi selama 10-15 menit sebelum jam 8 pagi. 

Membersihkan tali pusar bayi 
Ketika bayi baru lahir terdapat cairan putih pada tali pusar yang masih basah, anda hanya perlu membungkus tali pusar dengan kain kasa yang sudah dibasahi alkohol 70% setelah selesai mandi. Usahakan untuk tidak terkena bedak. 

Membersihkan mata lengket 
Ketika bayi baru lahir sudah tidak heran jika matanya masih lengket. Yang perlu anda lakukan hanya membersihkan mata dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan. 

Menghadapi bayi rewel ketika tumbuh gigi 
Tidak heran jika bayi yang baru akan tumbuh gigi akan rewel dan menjadi malas makan karena gusinya sakit dan mengeluarkan banyak air liur. Yang perlu anda lakukan adalah memberi obat penurun panas jika terjadi demam, memberi mainan yang dapat di gigit, melakukan sentuhan (pijatan ringan) di daerah rahang mulut agar bayi merasa lebih nyaman. 

Hidung bayi tersumbat 
Ketika bayi mengalami masalah hidung tersumbat atau flu tentu akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Yang perlu anda lakukan adalah mengoleskan krim penghangat khusus ke dada bayi, namun jika kulit bayi sensitif cukup oleskan di bagian luar kaus dalamnya sehingga tidak langsung mengenai kulit. 

Bayi sembelit 
Yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan bayi ketika mengalami sembelit adalah dengan memijat perut bayi secara perlahan dari arah kanan bawah perut bayi, membentuk "hati" dengan gerakan searah jarum jam. Pijatan tersebut akan membantu kerja organ pencernaan dan mencegah timbulnya sembelit. 

Berikan vitamin 
Bila sang buah hati memiliki pola makan yang kurang baik, anda bisa memberikan vitamin tambahan. Berikanlah sesuai kebutuhan, karena vitamin sangat bermanfaat bagi anak yang memang sangat membutuhkannya. 

Tips Merawat Kesehatan Anak Bayi

Beberapa Tips Merawat Kesehatan Anak Bayi seperti diatas dapat membantu bagi ibu dan ayah yang baru memiliki bayi atau belum terbiasa untuk merawat kesehatan bayi. Dengan melakukan beberapa cara merawat kesehatan bayi diatas selain akan lebih mengetahui perkembangan kesehatan bayi, juga akan semakin mendekatkan anda dengan sang buah hati.

 

Popular Posts

Atas